• Rajalele

    Rajalele SuperNASA

  • lab Natural nusantara

    LAB NATURAL NUSANTARA

  • UDANG VITERNA

    UDANG VITERNA

  • JAMUR TIRAM POCNASA

    JAMUR TIRAM POCNASA

  • AYAM VITERNA

    AYAM VITERNA

Jumat, 14 November 2014

MEMBACA HASIL LAB KITA

"Test lab dulu ya", sering dengar kata-kata itu diucapkan dokter? bagi yang sakit dan pergi ke dokter untuk berobat, seringkali kita juga diminta untuk pergi ke laboratorium untk dicek. kemudian kita mendapat beberapa lembar kertas berisi angka-angka ataupun gambar yang kita tidak mengerti.

membaca tes lab untuk hidup sehat

Setelah dari laboratorium, kita biasanya diminta kembali ke dokter. "lembar didalam amplop ini tolong sisampaikan ke dokter ya", demikian umumnya pesan dari petugas lab. Pernahkan kita ingin tahu apa isi dari hasil test lab tersebut sebelum disampaikan ke dokter? kecenderungannya demikian, kita penasaran dengan hasilnya, karena ini menyangkut tubuh kita.

Hasil test laboraturium sebenarnya merupakan pendukung pemeriksaan oleh dokter agar diperoleh gambaran kondisi kesehatan si pasien. Dari lembaran hasil test yang berisi angka-angka itulah dokter menerjemahkannya. Lalu bagaimana dengan kita, perlukah kita juga paham dengan hasil test tersebut? Perlu, karena ini menyangkut hajat hidup kita.

Ada berbagai parameter yang dapat di test oleh laboraturium, misalnya Hb (hemoglobin), trombosit, HMT (hematokrit), Leukosit, LDH, SGOT, dll. yang masing-masing ada angka rujukan standartnya, tergantung alat yang dipakai.
Sekedar untuk mengetahuinya, nilai normal dari parameter tersebut diatas akan dipost pada tulisan selanjutnya.

--bersambung---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TULISAN TERKAIT